Pernyataan dan Penyertaan Tuhan by Pdp. Rebecca Mustika Dewi

AOG 4 Agustus 2013

Dimana ada pernyataan Tuhan, pasti ada penyertaan Tuhan ~ Ps. Philip Mantofa

Jangan sampai kita pergi kemanapun, bayar harga berapapun, tapi tidak ada pernyataan Tuhan di sana. Janganlah kita bersikap konyol dengan hal ini.

Pernyataan Tuhan menjadi jaminan bahwa Tuhan pasti menyertai, seperti kompas yang menuntun kita. Pernyataan Tuhan dalam hal ini bukan nubuatan yang kita terima dari hamba Tuhan. Pernyataan Tuhan disini adalah apa yang kita terima secara pribadi melalui persekutuan kita dengan Tuhan.

Kita tidak perlu jawatan khusus sebagai seorang nabi untuk kita bisa menerima pernyataan Tuhan. Pernyataan Tuhan bukanlah hal yang sulit didapatkan, sebab Dia adalah Bapa dan Gembala yang menuntun hidup kita dalam kepastian.

Yeremia 15:16
Apabila aku bertemu dengan perkataan- perkataan- Mu, maka aku menikmatinya; firman- Mu itu menjadi kegirangan bagiku, dan menjadi kesukaan hatiku, sebab nama- Mu telah diserukan atasku, ya TUHAN, Allah semesta alam.

Daud adalah contoh pribadi yang membangun kehidupannya dekat dan mengasihi Tuhan. Kehidupan Daud tidak dibangun dengan mulus dan mudah. Kehidupan Daud penuh liku-liku, dari gua ke gua, dari tempat pelarian ke tempat pelarian yang lain. Namun terlepas dari itu semua, yang membuat Daud tetap bertahan adalah karena Daud tetap melekat dan berpegang melalui pernyataan Tuhan dalam hidupnya. Pernyataan Tuhan yang bukan hanya dari Samuel, tetapi juga dari persekutuan pribadinya dengan Tuhan.

Mazmur 119:11
Dalam hatiku aku menyimpan janji- Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.

Mazmur 119:49-50
Ingatlah firman yang Kaukatakan kepada hamba- Mu, oleh karena Engkau telah membuat aku berharap. Inilah penghiburanku dalam sengsaraku, bahwa janji- Mu menghidupkan aku.

Mazmur 119:133
Teguhkanlah langkahku oleh janji- Mu, dan janganlah segala kejahatan berkuasa atasku. Mazmur 119:154 Perjuangkanlah perkaraku dan tebuslah aku, hidupkanlah aku sesuai dengan janji- Mu.

Mazmur 62:12-13
Satu kali Allah berfirman, dua hal yang aku dengar: bahwa kuasa dari Allah asalnya, dan dari pada- Mu juga kasih setia, ya Tuhan; sebab Engkau membalas setiap orang menurut perbuatannya.

Setiap kali Allah memperdengarkan suaranya, apapun isi kata-kataNya, ada 2 hal yang mengalir:

1. Kuasa
Kita akan menjadi gentar dan mengakui bahwa punya Tuhan lah segala kuasa dan kemampuan.

2. Kasih karunia dan perkenanan Tuhan

Segala sesuatu bukan karena kesanggupan kita, tapi menurut kasih karuniaNya. Dan Tuhan memberikan kasih karunia kepada setiap orang berbeda-beda menurut yang Allah kehendaki.

Kekristenan kita tidak boleh berhenti hanya pada ibadah, penggembalaan, atau pelayanan. Kita perlu memiliki sebuah kehidupan yang mengalami hubungan dengan Tuhan secara pribadi sebab kita tidak pernah tahu apa yang akan kita alami kemudian hari.

Selama kita bisa memiliki pernyataan Tuhan dalam hidup kita, maka ada jaminan pasti bahwa Tuhan akan menyertai kita seumur hidup kita.

Kita harus mengerjar, mengingini, meminta pernyataan Tuhan secara pribadi dalam hidup kita. Saat kita dalam ibadah jemaat yang jumlahnya banyak, kita bisa menerima keberanian. Tidak selama-lamanya kita bisa ada dalam sebuah hubungan korporat seperti ini. Oleh sebab itu setiap orang harus berdiri di atas kaki kita sendiri bersama dengan Tuhan.

Janganlah kita mengejar pernyataan Tuhan, sama seperti kita mencari wangsit dan meminta kepada dewa-dewa. Allah yang kita sembah adalah Allah yang rindu membangun sebuah hubungan yang dekat dengan kita. Daud tidak punya kepekaan seorang nabi, namun dia adalah pribadi yang membangun hubungan kedekatan setiap hari dengan Tuhan, sehingga hal inilah yang membuat Daud kaya dengan pernyataan-pernyataan Tuhan dalam hidupnya.

Mazmur 63:9
Jiwaku melekat kepada- Mu, tangan kanan- Mu menopang aku.

Mazmur 25:14
TUHAN bergaul karib dengan orang yang takut akan Dia, dan perjanjian- Nya diberitahukan- Nya kepada mereka.

Karena Daud menjaga persekutuannya dengan Tuhan, sehingga dari waktu ke waktu, Tuhan memberitahukan pernyataanNya dalam hidup Daud.

AOG 4 Agustus 2013 Kotbah

Mungkin tidak selalu setiap saat pernyataan Tuhan ada dalam hidup kita, namun setiap pernyataan Tuhan yang berikan ke dalam hidup kita akan menuntun langkah hidup kita. Pernyataan Tuhan mungkin tidak selalu dapat kita mengerti, namun itu selalu berjalan mendahului hidup kita.

 

Source: Rangkuman Kotbah Ibadah Revival Service Army of God Youth & Teens 04 Agustus 2013 – Gereja Mawar Sharon Surabaya

Tinggalkan komentar